hipnoterapi mengatasi nyeri menstruasi

Posted by KUMPULAN ILMU KESEHATAN INDONESIA

Hipnoterapi telah membantu banyak sekali remaja putri dan wanita dewasa yang mengalami gangguan ketika menstruasi. Sekarang adalah kesempatan Anda untuk menikmati setiap hari dalam hidup Anda tanpa rasa cemas saat menjelang datangnya menstruasi.

Masalah menstruasi yang setiap bulan mengganggu Anda bisa lenyap seluruhnya atau minimal berkurang 80%. Anda bisa hidup dengan lebih nyaman, seperti wanita-wanita lain yang tidak punya masalah menstruasi.

Beberapa masalah menstruasi yang umum terjadi dan bisa dihilangkan atau diringankan dengan terapi hipnosis antara lain:

Stress dan cemas setiap kali mau datang menstruasi karena tahu dirinya akan menderita selama menstruasi.

Selalu sakit saat menstruasi. Sakitnya bisa bermacam-macam, mulai dari kepala pusing, nyeri seluruh tubuh, batuk, pilek, deman, diare, masuk angin, perut kembung, sembelit, dan sakit-sakit pasaran lainnya.

Nyeri dan kram perut yang biasanya terjadi pada 24 jam sebelum terjadinya perdarahan mens dan dapat terasa selama 24-36 jam. Kram dan nyeri tersebut terutama dirasakan di daerah perut bagian bawah menjalar ke punggung atau permukaan dalam paha.

Sakit punggung / pinggang

Kram pada kandung kemih

Mudah lemah, letih dan lesu sehingga mengganggu aktivitas kerja/belajar.

Emosi yang tidak stabil. Mudah tersinggung, mudah marah, mood berubah-ubah. Menangis tiba-tiba tanpa sebab yang jelas.

Perubahan libido menjadi sangat besar. Ingin selalu "disentuh" padahal sedang menstruasi.

Gangguan konsentrasi dan pelupa.

Payudara nyeri, membengkak dan mengeras

Gangguan tidur. Tidur tidak nyenyak selama menstruasi.

Timbulnya jerawat yang berlebihan

Perubahan nafsu makan, nafsu makan meningkat (khususnya jenis makanan yang manis, asin), sehingga berat badan naik.

Ada juga yang malah kurang nafsu makan. Semua makanan terasa tidak enak, atau ingin makan yang aneh-aneh seperti orang hamil.

Siklus haid yang tidak teratur. Terlalu lama, terlalu cepat, atau tidak menentu.

Perdarahan haid yang terlalu banyak dari normalnya.

Lama waktu penyembuhan untuk gangguan menstruasi bervariasi tergantung tingkat masalah klien. Sebagian besar masalah menstruasi bisa dibereskan seluruhnya atau paling tidak sudah sangat berkurang masalahnya setelah satu kali hipnoterapi. Dan perlu diingat, sebaiknya klien menjalani hipnoterapi pada saat tidak menstruasi. Mengapa masalah menstruasi bisa diselesaikan dengan hipnosis? Bukankah masalah menstruasi adalah masalah medis? - Benar memang, para hypnotherapist umumnya tidak banyak belajar mengenai proses reproduksi wanita. Namun benar juga bahwa dengan hipnosis masalah menstruasi bisa dihilangkan atau diringankan. Riset mengenal hal ini pun sudah banyak dilakukan.

Mengapa hipnosis bisa? - Penjelasan ini mungkin bisa memuaskan Anda. Hipnosis adalah teknik komunikasi langsung dengan pikiran bawah sadar. Sedangkan pikiran bawah sadar adalah bagian dari pikiran kita yang mengatur semua proses biologis yang tidak kita sadari, seperti detak jantung, pencernaan, metabolisme, produksi hormon, siklus menstruasi dan sebagainya. Kalau kita bisa menjangkau sumbernya, maka kita bisa "mengendalikan" gejalanya.

Sedangkan kalau urusan nyeri saat haid, itu bukan rahasia lagi. Sejak ribuan tahun lalu, cara-cara semacam hipnosis sudah digunakan untuk menghilangkan rasa sakit pada pasien. Sampai saat ini, ada ratusan (atau mungkin ribuan) dokter di seluruh dunia yang mempraktekkan hipnosis untuk anestesi / penghilang rasa sakit.

Beberapa masalah menstruasi kadang disebabkan atau diperparah oleh stress yang dialami seseorang. Dengan melenyapkan stress-nya, maka masalah menstruasi pun lenyap dengan sendirinya.

No comments:

Post a Comment